Subscribe:

Pages

Kamis, 15 Desember 2011

Akuntansi Forensik

Bidang akuntansi yang satu ini mungkin jarang sekali kita dengar.Bahkan mahasiswa jurusan akuntansi saja belum tentu mengerti sepenuhnya apa itu akuntansi forensik.
Akuntansi forensik adalah penggunaan keahlian di bidang audit dan akuntansi yang dipadu dengan kemampuan investigatif untuk memecahkan suatu masalah/sengketa keuangan atau dugaan fraud yang pada akhirnya akan diputuskan oleh pengadilan/ arbitrase/tempat penyelesaian perkara lainnya (Detik News).
Mungkin akuntansi forensik belum dimasukkan kedalam kurikulum mata kuliah yang diajarkan oleh dosen-dosen akuntansi.Namun perlu diketahui juga oleh mahasiswa jurusan akuntansi untuk mengenal lebih jauh apa saja yang dibahas dalam akuntansi forensik.Untuk saat ini mahasiswa jurusan akuntansi patut bersyukur, karena akuntansi forensik dikenalkan sebatas pengetahuan dan belum membahas lebih dalam.
Penasihat Bidang Keuangan Negara Tim Blue Print Komisi Yudisial RI Leonardus Nugroho seusai Seminar Forensic Accounting di Universitas Widyatama Bandung, Senin (12/4) menyatakan "Akuntansi forensik perlu dimasukkan ke dalam kurikulum pendidikan akuntansi di tingkat perguruan tinggi. Dengan begitu, kalangan akademisi bisa Lebih tanggap terhadap kasus-kasus kecurangan laporan keuangan yang kerap terjadi sebagai indikasi korupsi di negara ini". Bagaimana menurut kalian, apakah setuju dengan pendapat diatas? Seharusnya kita bangga dengan penambahan kurikulum tersebut.Ditambah lagi masuknya akuntansi forensik dalam kurikulum, membuat kita bisa lebih mengetahui serta mempelajari lebih dalam akuntansi forensik. Akuntansi forensik ternyata berhubungan erat dengan pemeriksaan akuntansi.Karena sama sama menuntas kasus kasus penyimpangan laporan keuangan dalam suatu perusahaan.

2 komentar:

Ilah Armilah mengatakan...

menarik "n setuju banget....coba ada sejak 20 tahun lalu,tentunya aku masih bisa "nyicipi" enaknya belajar akuntansi forensik ini..

Kuntet Jr mengatakan...

apakah sama dengan audit forensik?