Subscribe:

Pages

Senin, 24 Oktober 2011

Kualitas Informasi Akuntansi

Akuntansi sebagai sistem informasi mengidentifikasikan,mengumpulkan dan mengkomunikasikan informasi ekonomi suatu perusahaan atau badan usaha kepada pihak lain ataupun pihak yang memerlukan.

Sistem adalah kumpulan sumber daya yang berhubungan untuk mencapai tujuan tertentu, sedangkan informasi adalah data yang berguna untuk diolah sehingga dapat dijadikan dasar dalam pengambilan keputusan yang tepat. Jadi, sistem informasi adalah kumpulan sumber daya yang diatur untuk mengubah data menjadi informasi. Sumber dari informasi adalah data. Data merupakan bentuk yang masih mentah, belum dapat dipakai sebagai dasar dasar pengambilan keputusan, sehingga perlu diolah lebih lanjut. Data diolah atau diproses melalui suatu model untuk menghasilkan informasi.Bentuk data berbagai macam.Dapat berbentuk simbol-simbol,huruf-huruf,angka-angka,suara sinyal, dan lain lain.
Terdapat 4 karakteristik kualitatif menurut SAK sebagai syarat syarat informasi laopran keuangan yang bermanfaat :
  • Dapat dipahami  : Laporan keuangan yang mudah dipahami hendaknya informasi yang ditampung memberi kemudahan untuk   segera dapat dipahami para pemakai   
  • Relevan : informasi harus relevan untuk memenuhi kebutuhan pemakai dalam dalam proses pengambilan keputusan  
  • Keandalan : informasi harus andal,secara rinci, informasi yang dapat diandalkan harus dapat mengandung pengertian sebagai berikut : 
              1.mencerminkan kejujuran penyajian hasil dan posisi keuangan 
              2.menggambarkan masalah pokok ekonomi dari suatu kejadian
              3.bebas dari keberpihakan
              4.mencermin kehati hatian 
              5.mencakup semua hal yang material
  • Dapat Diperbandingkan : pemakai harus dapat membandingkan laporan keuangan perusahaan antar periode untuk mengidentifikasi kecendrungan posisi dan kinerja keuangan serta untuk mengevaluasi posisi keuangan,kinerja dan perubahan posisi keuangan secara relatif atau membandingkan laporan keuangan dengan periode yang lampau.



Sumber : Sistem Informasi Akuntansi jilid 6 terjemahan Amir Abadi Yusuf dan Rudi M.

1 komentar:

FAIZAH mengatakan...

Ternyata keberadaan suatu informasi sangatlah penting.Baik itu informasi dibidang akuntansi maupun dibidang lainnya.Karena dari informasi itulah baik para pengguna maupun tidak,bisa mengetahui apa saja yang sudah terjadi didalamnya.Sistem Informasi Akuntansi, itulah salah satu mata kuliah yang didapatkan oleh mahasiswa akuntansi.Yang didalamnya mempelajari semua yang ada hubungannya dengan suatu informasi,agar dapat memilih suatu keputusan dalam bidang ekonomi.Dari sistem informasi inilah hasil laporan bisa didapat dan dibaca serta dipahami dengan mudah.