Selasa, 06 November 2012

Dampak Social Media Terhadap Dunia Pendidikan

            Pendidikan sangatlah penting dan dibutuhkan oleh orang banyak terutama anak-anak. Tanpa pendidikan, kita tidak akan tau akan kemana tujuan hidup kita.Terlebih lagi pendidikan merupakan kebutuhan hidup yang akan membantu kita melalui tantangan dan rintangan kedepannya. Saat ini pendidikan sudah semakin canggih. Pendidikan bukan hanya dalam belajar saja, terkadang pergaulan juga dapat berpengaruh terhadap pendidikan. 
            Dizaman sekarang-sekarang ini dunia sudah dicandui hal-hal yang berkaitan dengan internet. Terlebih lagi internet dijadikan sebagai salah satu pendidikan yang diajarkan disekolah-sekolah dari tingkat anak-anak sampai tingkat perguruan tinggi.Namun orang mengenal pendidikan internet hanya disegi social media saja. Padahal dunia pendidikan dibidang internet sangat banyak.
Sebenarnya apa sih social media itu? mari kita simak beberapa hal yang berkaitan dengan social media!
             Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan media sosial sebagai "sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 , dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content"
                     Media sosial teknologi mengambil berbagai bentuk termasuk majalah, forum internet, weblog, blog sosial, microblogging, wiki, podcast, foto atau gambar, video, peringkat dan bookmark sosial. Dengan menerapkan satu set teori-teori dalam bidang media penelitian (kehadiran sosial, media kekayaan) dan proses sosial (self-presentasi, self-disclosure) Kaplan dan Haenlein menciptakan skema klasifikasi untuk berbagai jenis media sosial dalam artikel Horizons Bisnis mereka diterbitkan dalam 2010. Menurut Kaplan dan Haenlein ada enam jenis media sosial.
                Media soscial biasa digandrungi oleh anak-anak remaja. Namun seiringnya waktu, social media dikenal oleh anak-anak sampai orang dewasa. Mereka biasa memainkan social media tidak kenal waktu dan tidak kenal tempat. Dan karena itulah terkadang para orang tua kewalahan melihat anaknya yang seharusnya sibuk dengan buku-buku sekolahnya akan tetapi malah lebih disibukan dengan memainkan social media. 
macam-macam social media ada banyak seperti : 
  1. Facebook.com
  2. Twitter.com
  3. MySpace
  4. Bebo
  5. Friendster
  6. hi5
  7. Orkut
  8. PerfSpot
  9. Yahoo! 360
  10. Zorpia 
Dampak dari social media sendiri ada banyak. Mulai dari yang positiv sampai yang negatif ada. Namun para orang tua memandang social media lebih banyak dampak negatifnya dibandingkan positifnya. Terlebih lagi dampaknya tersebut terhadap dunia pendidikan. mungkin salah satunya kebanyakan anak-anak lebih meluangkan waktu untuk berinternetan dibandingkan untuk menyelesaikan tugas sekolahnya. Maka dari itu para orang tua seharusnya lebih peka untuk mengawasi anak-anaknya dalam bersocial media ataupun berinternetan. Para orang tua tidak melarangi anak-anaknya utuk bersocial media ataupun berinternetan akan tetapi musti dalam pengawasan juga.

Referensi :  
http://id.wikipedia.org/wiki/Media_sosial
http://eritristiyanto.wordpress.com/2010/02/06/10-website-social-networking-terpopuler/

0 komentar: