Jumat, 21 Oktober 2011

Akuntansi dan Perkembangannya

                          Manusia telah mengenal pembukuan sejak manusia mulai bisa menghitung dan membuat catatan. Bahkan pada zaman Babilonia tahun 3600 SM telah dikenal pencatatan berbentuk tablet yang terbuat dari tanah liat, sekaligus untuk pembayaran upah. Sejalan dengan dunia usaha, para pedagang akan selalu membandingkan antara jumlah harta yang dimiliki saat mulai berusaha atau berdagang hingga saat kembali. Pencatatan yang dilakukan melalui media kayu,batu maupun daun.

             Memasuki abad XV, terjadi perkembangan dan perluasan perdagangan yang dilakukan oleh pedagang pedagang Venesia. Masih di abad XV tepatnya pada tahun 1494, metode pembukuan secara sistematis diperkenalkan oleh Luca Paciolo dan Leonardo da Vinci berjudul Summa de Arithmatica, Geometrica, Pro Proportion et Proportionalit. Keistimewaan buku ini adalah selain menerapkan ilmu matematika, juga memperkenalkan sistem tata buku berpasangan (double entry system) kepada para pengusaha saat itu. Secara khusus, sistem pembukuan berpasangan dibahas dalam bab yang berjudul "Tractatus de Computis et Scriptoris". Sistem tata buku berpasangan ini sering disebut pula dengan sistem kontinental, karena telah berpindahnya pusat perdagangan dari Italia ke Spanyol, Portugis dan Belanda, sistem ini menjadi makin luas digunakan didaratan Eropa.

                     Revolusi industri, sebagai faktor utama pendorong kegiatan usaha berdampak pula pada perkembangan akuntansi. Perkembangan sistem akuntansi di Amerika melahirkan sistem akuntansi yang disebut sistem Anglo Saxon. Negara Indonesia, badan-badan usaha yang semula dikelola Belanda dan menggunakan sistem kontinental, turut berubah pula menjadi sistem akuntansi Anglo Saxon.  

1 komentar:

FAIZAH mengatakan...

Tidak disangka dari artikel yang satu ini diketahui bahwa kegiatan akuntansi sudah ada sejak abad Babilonia, walaupun kegiatan tersebut dituangkan dalam bidang yang masih sangat sederhana.Akan tetapi sejalannya waktu perkembangan yang terjadi membuat kegiatan tersebut lebih mudah dijalankan.Ditambah lagi berkat tokoh ekonomi itulah para pedagang beserta pengusaha dapat mempelajari ilmu akuntansi yang lebih sederhana dan mudah diaplikasikan.Ilmu ilmu yang diciptakan tokoh besar dalam ekonomi itu tersebar keberbagai belahan dunia.Ilmu akuntansi hingga saat ini mengalami perkembangan.