Senin, 24 Oktober 2011

Laporan Keuangan Akuntansi

Laporan keuangan adalah laporan hasil akhir dari suatu proses pencatatan,pengikhtisaran, dan penafsiran transaksi keuangan selama satu periode akuntansi. Laporan keuangan ini terdiri dari laporan laba rugi,perubahan ekuitas dan neraca. laporan keuangan yang diterbitkan manajemen berisi tentang posisi keuangan,kinerja serta perubahan posisi keuangan dengan asumsi dasar akrual dan kelangsungan usaha.
Laporan keuangan menggambarkan dampak keuangan dari transaksi dan peristiwa lain yang diklasifikasikan dalam beberapa kelompok besar menurut karakteristik ekonominya. Kelompok besar ini merupakanunsur laporan keuangan. unsur yang berkaitan secara langsung dengan pengukuran posisi keuangan adalah 
  • Aktiva  : Merupakan manfaat ekonomi disaat sekarang dan masa depan    yang terwujud dalam akun harta sesuai konsep akuntansi, yaitu harus dapat dinilai dengan uang.
  • Kewajiban adalah suatu tugas atau tanggung jawab untuk bertindak dengan cara tertentu.Kewajiban (utang) timbul atau terjadi dari praktik bisnis yang lazim.Kewajiban juga dapat dipaksakan menurut hukum sebagai konsekuensi  dari kontrak mengikat atau peraturan perundangan.
  • Ekuitas Adalah hak residual atas aktiva perusahaan setelah dikurangi semua kewajiban. Ekuitas dapat dikelompokan dalam neraca. misalnya dalam perseroan terbatas, setoran modal oleh para pemegang saham, penyisihan saldo laba,dan penyisihan penyesuaian pemeliharaan ekuitas masing masing disajikan secara terpisah.

                     Penghasilan bersih (laba) sering kali digunakan sebagai ukuran kinerja sebagai dasar bagi ukuran yang lain seperti imbalan investasi (return on investment) atau ROI maupun penghasilan per lembar saham (earning pershare) atau EPS. unsur yang langsung berkaitan dengan pengukuran penghasilan bersih (laba) adalah penghasilan dan beban yang dapat didefinisikan sebagai berikut :
  • PenghasilanPenghasilan (income) meliputi baik pendapatan (revenue) maupun keuntungan (gains).Pendapatan timbul       dalam pelaksana aktivitas perusahaan yang biasa dan dikenal dengan sebutan yang berbeda seperti penjualan,penghasilan jasa,bunga ,dividen,royalti dan sewa.
  • Beban Beban mencakup baik kerugian maupun beban yang timbul dalam pelaksanaan aktivitas perusahaan yang biasa,meliputi beban pokok penjualan, beban gaji, beban penyusutan yang kesemuanya berbentuk arus keluar atau berkurangnya aktiva lancar maupun aktiva tetap serta persediaan.

Jenis laporan keuangan :
  •  Laporan neraca yang menggambarkan posisi keuangan (aktiva,kewajuban,ekuitas) suatu perusahaan pada periode tertentu.Penyajian laporan neraca yang diinformasikan secara wajar menurut SAK adalah sebagai berikut
  • Laporan laba rugimenggambarkan jumlah penghasilan dan beban suatu perusahaan pada    suatu periode tertentu
  • Laporan perubahan ekuitasmenggambarkan peningkatan atau penurunan aktiva bersih atau kekayaan selam tertentu
  • Laporan arus kas melaporkan arus kas selama periode tertentu dan diklasifikasikan menurut aktivitas operasi,investasi dan pendanaa.

Tujuan Laporan keuangan 
  • memberikan informasi yang dapat dipercaya mengeniai posisi keuangan 
  • memberikan informasi keuangan agar pemakai dapat menaksir potensi perusahaan dalam menghasilkan laba
  • memberikan informasi penting lainnya seperti laba rugi,perubahaan posisi keuangan,cash flow dan investasi
Fungsi laporan keuangan
  • menggambarkan pengaruh keuangan dimasa lalu dan tidak mewajibkan untuk menyediakan informasi non keuangan.
  • angka angka dalam penyajian menggambarkan nilai saat ini.
  • laporan keuangan bersifat umum, yang dapat digunakan oleh semua pihak.
  • memberikan informasi kepada manajemen dalam pengambilan keputusan ekonomi 
  • dapat mengatasi masalah akuntansi yang belum diatur dalam SAK
  • para pemakai laporan keuangan dalam menafsirkan informasi yang disajikan sesuai dengan SAK. 





Sumber : Drs. Amir Suhadimanto M.M. Akuntansi. Jakarta : penerbit Yudhistira 

1 komentar:

FAIZAH mengatakan...

Laporan keuangan adalah hasil dari semua kegiatan akuntansi.Dari sanalah kita bisa mengetahui perkembangan suatu perusahaan.Laporan keuangan juga banyak macamnya.Dalam pembuatannya, banyak unsur yang musti dipertimbangkan,karena akun-akun yang ada dalam akuntansi berhubungan langsung dalam penyusunan laporan keuangan.Seperti aktiva,beban-beban,modal dan lain-lain.Kesimpulan yang bisa diambil dari bacaan diatas yaitu dalam pembuatan laporan keuangan semua unsur yang ada dalam akuntansi ada kaitannya.Pembuatan laporan sutu keuangan memiliki tujuan yang salah satunya membantu perusahaan dalam mengetahui keuangan perusahaan