Sabtu, 29 Oktober 2011

Menjadikan Hobby sebagai Bisnis

Hobby ternyata tidak hanya membawa kesenangan dan kenikmatan, tetapi juga membawa keberkahan dan  keberuntungan. Seperti yang dialami oleh saudara Rame Santoso pria pekerja keras dan ramah ini mulai menikmati hasil dari hobby yang digeluti. Saudara Rame Santoso yang juga merupakan salah satu dosen pengajar di akademi swasta ternama ini menyadari kecintaannya pada dunia fotografi dan desain menginspirasi dirinya untuk membuka usaha photo printing.

Berawal dari hobby fotografi dan desain, pria ramah ini terinspirasi bagaimana bisa mendapatkan penghasilan dari hobbynya tersebut. Usaha yang dirintis sejak 13 juni 2010 ini tidak dimulai dengan mudah, sebelum menjalankan usaha, saudara Rame melakukan berbagai pengamatan tentang dunia bisnis, mulai dari bisnis yang tidak musiman sampai pada beberapa pertimbangan seperti ketahanan barang mulai dari bahan baku sampai barang jadi, pertimbangan mengenai waktu proses produksi yang singkat serta ongkos produksi yang kecil. Visi untuk menjalankan usahanya adalah creative photo printing, sedang misalnya mengkolaborasikan antara estetika, desain dan teknologi informatika untuk kepuasan klien (konsumen).

Modal awal yang diperlukan oleh saudara Rame dalam membuka usahanya tidak lebih dari 10 juta (termasuk untuk pengadaan komputer, printer,mesin moulding bahan baku mug). Usaha yang bergerak dibidang photo printing ini dapat dikatakan sebagai usaha rumahan dengan dibantu 9 orang karyawan pada bagian desain,bagian produksi/moulding,juga beberapa sales freelance. Bentuk hasil usahanya baru 1 jenis, yaitu mug printing ukuran standar 11 Oz.Omset yang dihasilkan dari usaha photo printing tersebut memang belum terlalu besar, baru sekitar 2-3 juta an perbulan. Rekanan untuk menjalin kerja sama terbilang masih dalam penjajakan, sedang klien yang menggunakan jasa printingnya mulai dari perorangan,profesi,organisasi/ikatan alumni SMA dan Akademi.

Bagaimana tertarik untuk memulai bisnis dari sebuah hobby? Berikut tips dari saudara Rame Santoso dalam membangun usaha :
  1. Pilih jenis usaha yang berawal dari hobby
  2. Jalankan dengan kesungguhan dan kesenangan
  3. Perluas jaringan 
  4. Dan syukuri berapa pun pendapatannya 
  5. Berani mencoba, lebih tekun dan ulet, maka pasti kegagalan tak pernah ada
Berikut juga kata kata bijak menurut saudara Rame Santoso :
  • Hanya orang yang berani gagal total akan meraih keberhasilan total.
  • Seberapa besar rezeki yang kita inginkan itu sama dengan seberapa besar kita berani mengambil resiko
  • Siap-siaplah jika diejek oleh teman teman anda karena suatu saat mereka akan mengerti dan menyesali perbuatan mereka
  • Pengusaha swasta memainkan peran lebih besar dalam perekonomian dunia. Pengusaha kecil telah merampas multi miliaran dollar dari bisnis besar (John Naisbit).


Sumber : BSI Entrepreneuer News

1 komentar:

FAIZAH mengatakan...

Berbisnis, mungkin ini salah satu cara lain untuk bisa mendapatkan penghasilan lebih.Namun untuk memulai suatu bisnis bukan suatu perkara yang mudah.Awal untuk memulainya dengan modal,modal yang didapatpun harus sesuai dengan bisnis yang akan dijalankan,tetapi mengapa tidak kita coba saja dengan memulai bisnis dari hobi yang selama ini kita tekuni.Dari yang kecil kecil saja, karena bisa dengan memulainya dengan modal yang kecil pula dan jangan pernah berputus asa untuk mencobanya. Karena dari hal yang kecil bisa mendapatkan sesuatu yang besar.