Kamis, 27 Oktober 2011

Perekayasaan Database

Secara spesifik, perekayasaan sistem database adalah penyederhanaan beberapa rangkaian proses yang sama dan berulang ulang menjadi satu rangkaian proses.Apabila sistem informasi sediaan tidak didatabasekan dengan sistem informasi database berkomputer, maka perusahaan/seorang pengusaha akan memiliki sejumlah catatan sediaan barang yang sangat besar.
Bayangkan! Apabila seorang distributor tunggal suatu produk didaerah anda, omset pengiriman per bulan rata rata 2.000.000 barang dengan sistem pembukuan manual. Misalnya suatu hari terjadi permintaan yang sangat tak terduga,yaitu 150 pelanggan dengan berbagai variasi jumlah persamaan.Setelah dihitung hitung oleh staf sediaan, ternyata jumlah yang dipesan dan telah disanggupi untuk dikirim adalah 2.500.000 barang. Staf sediaan melaporkan kepada anda dan kepada bagian pemasaran. Namun waktu minimal yang dibutuhkan untuk melakukan pemesanan kembali adalah 25 hari. Apabila dibatalkan sangat tidak mungkin karena produk tersebut memberikan margin laba kotor yang sangat tinggi. Dibenak anda, apabila permintaan tersebut tidak terpenuhi, maka esok hari anda membuka kantor dan mendapat telpon yang berisi caci maki dari para pelanggan.
Apabila ditinjau berdasarkan proses pencatatan dengan menggunakan tradisional (manual) tentu akan memakan waktu cukup lama dan biaya pemrosesan tidak sedikit. Oleh karena itu, perlu dikembangkan suatu sistem informasi yang modern dengan memanfaatkan teknologi komputer yang sudah ada. Teknologi komputer merupakan piranti teknologi informasi yang menyajikan pemrosesan informasi secara cepat. Titik akhir fungsi teknologi komputer ini adalah sebagai penghubung (interface) bagi manusi. Sitem informasi yang berbasis teknologi komputer mampu menyelaraskan segala aspek aktifitas bisnis menjadi satu informasi yang sepenuhnya dimanfaatkan oleh perusahaan.
     Manfaat lain yang diperoleh dengan perekayasaan database berkomputer adalah sebagai berikut :
  1. Menghemat biaya pemrosesan, biaya pemrosesan, biaya klerikal dalam pemrosesan lebih sedikit diserap.
  2. menghemat biaya overhead, hemat pemakaian kertas 
           a.staf gudang melihat sediaan digudang melalui monitor komputer
           b.staf akuntansi, pemasaran atau bagian lainnya melihat data informasi melalui  monitor komputer

Sumber : Ensiklopedi untuk Pelajar

0 komentar: