Jumat, 28 Oktober 2011

Jurnal Transaksi Keuangan

Setelah suatu transaksi direkam dalam suatu bukti sumber atau dokumen sumber (source document), pencatatan akuntansi yang pertama kali dilakukan adalah dijurnal. Dibandingkan dengan pencatatan akuntansi yang lain,jurnal pada umumnya lebih lengkap dan lebih terinci.
Jurnal adalah sebuah buku atau daftar yang merupakan catatan akuntansi permanen yang pertama, yang digunakan untuk mencatat transaksi keuangan perusahaan secara kronologis dengan menyebutkan akun yang didebit maupun akun yang dikredit.
Jurnal disebut juga book of original entry karena merupakan pencatatan yang pertama dalam proses akuntansi. Jurnal berfungsi sebagai petunjuk untuk menemukan sumber data transaksi, dan penyedia ringkasan informasi yang akan ditampung dalam akun-akun buku besar.

Secara umum bentuk jurnal dibedakan menjadi 2, yaitu :
  1. Jurnal Umum merupakan jurnal yang mencatat semua jenis transaksi, kecuali transaksi yang sudah dicatat  dalam jurnal khusus. Apabila jenis transaksi perusahaan masih sedikit, maka jurnal umum dengan 2 kolom debit dan kredit sudah cukup sebagai catatn pertama akuntansi.
  2. Jurnal Khusus merupakan sebuah jurnal yang melakukan pencatatn setiap transaksi yang sejenis yang terjadi berulang kali. Biasanya hal ini terjadi pada perusahaan besar dengan adanya transaksi-transaksi yang terjadi berulang kali dengan prequensi yang tinggi seperti pembelian,penjualan,penerimaan barang dan pengeluaran kas.
Fungsi jurnal yaitu :
  1. Fungsi Historis : jurnal merupakan sebuah buku untuk mencatat semua transaksi dan kejadian secara kronologis atau berurutan tanggal terjadinya.
  2. Fungsi Mencatat : jurnal merupakan pencatatan yang lengkap terinci, artinya semua transaksi dengan dokumen sumbernya harus dicatat tanpa ada ketinggalan.
  3. Fungsi Analis : jurnal menganalisis transaksi untuk menentukan akun yang harus didebit maupun yang harus dikredit.
  4. Fungsi Instruktif : jurnal merupakan perintah memposting dalam buku besar baik yang didebit maupun yang dikredit, sesuai analisis yang dijurnal.
  5. Fungsi Informatif jurnal memberikan keterangan tentang kegiatan perusahaan secara jelas.


Sumber : Drs.AmirSuhadimanto,M.M.Akuntansi Kelas 2 SMA.Jakarta : Penerbit PT Yudhistira

1 komentar:

FAIZAH mengatakan...

Jurnal termasuk salah satu kegiatan akuntansi yang dimana catatan transaksi perusahaan dicatat secara detail baik untuk akun-akun yang ada didalamnya serta debit kreditnya.Bentuk jurnal beserta fungsinya secara jelas dicantumkan diatas.Sebelum dilanjutkan kedalam buku besar maka suatu transaksi harus melewati penjurnalan.