Sabtu, 08 Oktober 2011

Tugas Bahasa Indonesia 1

Jelaskan dengan contoh "Menggunakan Bahasa Indonesia secara baik dan benar?
Jawab :
Penggunaan bahasa yang benar adalah pemakaian bahasa yang mengikuti kaidah bahasa yang dibakukan atau dianggap telah baku. Kaidah itu meliputi aspek,tata bunyi (fonologi),tata bahasa(kata dan kalimat),kosakata (termasuk istilah),ejaan dan makna.
Adapun penggunaan bahasa yang baik adalah penggunaan ragam bahasa yang tepat dan sesuai dengan golongan penutur dan jenis pemakaian bahasanya. Selain itu penyampaian bahasa yang santun menjadi salah satu syarat bahasa yang baik. 
misalnya : 
           Pada tabel di atas memperlihatkan bahwa wanita lebih banyak dari pada pria
Jika kata pada ditiadakan, unsur tabel di atas menjadi subjek atau kata memperlihatkan diubah terlihat agar bahwa dan seterusnya menjadi subjek.


Berikanlah contoh fungsi bahasa sebagai alat komunikasi!
Jawab :
  1. Sebagai sarana penghubung antara individu saat melakukan komunikasi apapun dan dengan siapapun dia berkomunikasi pasti bahasa digunakan sebagai alat penghubungnya.
  2. Sebagai ciri atau idenitas dari negara karena setiap negara memiliki bahasa yang berbeda sebagai alat komunikasi setiap individunya dan memberikan dan memberikan ciri yang berbeda di setiap negaranya.
  3. Sebagai penambah kewibawaan seseorang, biasanya seseorang yang menggunakan bahasa baku dalam setiap harinya dia beraktifitas adalah orang yang memilii wibawa tinggi sebab bahasa baku itu sifatnya sangat formal.
  4. Sebagai cara menilai prilaku dari seseorang, biasanya kebanyakan individu dapat dinilai prilakunya dari caranya dia melakukan pembicaraan kepada individu lain.

0 komentar: