Senin, 24 Oktober 2011

PENGERTIAN AKUNTANSI


               Definisi Akuntansi menurut American Institute of Certified public Accountants (AICPA) yang kiranya dapat menjadi landasan yang kuat sebagai langkah awal mempelajari akuntansi sebagai system informasi.
Accounting is the art of recording,classifying,and summarizing in a significant manner and in terms of money, transactitions and events which are, in part at least, of a financial character and interpreting the result there of.”  
“Akuntansi adalah seni pencatatan,pengelompokan,pengikhtisaran menurut cara yang berarti dan dinyatakan dalam nilai mata uang,semua transaksi serta kejadian yang sedikit dikitnya bersifat finansial dan dari catatan itu dapat ditafsirkan hasilnya”
                      Seni pencatatan artinya dalam melakukan pencatatan diusahakan serapih mungkin, dengan menggunakan bahasa yang khas dalam akuntansi dan tekhnik tertentu sehingga menarik dan mudah dipahami oleh para pemakai sedangkan teknik pengelompokan dan pengikhtisaran dilakukan menurut aturan yang tercantumdalam Standar Akuntansi Keuangan (SAK).
Sedangkan menurut American Accounting Association (AAA) definisi akuntansi ialah :
“Accounting is the process communicating economic information to pemit in formed judgments and decision by user of the information”
“Akuntansi adalah proses mengidentifikasi/mengenali,mengukur,dan melaporkan informasi ekonomi untuk memungkinkan adanya penilaian dan pengambilan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut”
Mengidentifikasi artinya mencari/menentukan identitas transaksi ekonomi untuk kepentingan pengambilan keputusan . Mengukur artinya memberikan penilaian yang dinyatakan dengan uang. Mengkomunikasikan artinya hasil informasi yang berupa laporan keuangan serta analisisnya dapat dipakai untuk pengambilan keputusan manajemen.

Sumber: Akuntansi di Indonesia jilid 1

2 komentar:

hendriansyahdahlan@gmail.com mengatakan...

thanks materinya, cukup membantu.. gk perlu ngetik lagi jadinya. haha

FAIZAH mengatakan...

Terima kasih atas komentarnya!
sebenarnya pengertian akuntansi cukup luas dan ini adalah salah satu pengertian akuntansi dari salah satu institut ternama yang menangani problema di bidang akuntansi. Pengertian akuntansi yang ditulis ini sudah termasuk pengertian yang mudah untuk dimengerti, karena secara garis besar kegiatan akuntansi dimasukkan dalam pengertiannya.